TUJUH NILAI DASAR MENJADI PEMIMPIN

09 Juli 2008

“Sebagai pemimpin di departemen ini, saya mengajak saudara-saudara untuk setidaknya memiliki tujuh dasar nilai ESQ, agar menjadi pemipin yang dicintai, dapat dibanggakan dan mempertanggungjawabkan kepemimpinannya dengan kepala tegak”. Demikian sambutan Menteri Hukum dan HAM yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal A.Bari Azed saat membuka acara Sosialisasi Memangun Kopetensi Spriritual dan Sosial Kepemimpinan dengan Kecerdasan Emosinal dan Spiritual (ESQ)di Hotel Bukit Indah, Ciloto, Selasa 17 Juni 2008.

Tujuh dasar kepemimpinan tersebut pertama adalah jujur, setiap pemimpin harus jujur, terbuka, melaksanakan sesuai dengan peraturan.

Kedua adalah bertanggung jawab, bertanggungjawab atas apa yang dilakukan, terhadap yang dipimpin dan terhadap keseluruhan kepemimpinannya.

Ketiga adalah visioner, dapat berpikir dan melihat jauh ke depan untuk kepentingan organisasi dan orang yang dipimpinnya.

Keempat adalah disiplin, disiplin harus dimulai dari pemimpin, agar menjadi contoh teladan bagi yang dipimpinnya.

Kelima adalah kerjasama, pemimpin harus mampu bekerja sama dan mengembangkan kerja sama dengan siapa saja untuk mengembangkan organisasi ke arah kemajuan.

Keenam adalah adil, mampu adil dalam bertindak dan berperilaku.

Ketujuh adalah peduli atau care terhadap sesama, staf dan organisasi.Ketujuh nilai tersebut apabila dilaksanakan dengan baik tentu akan mendatangkan manfaat bagi kemaslahatan masyarakat banyak.

Oleh karena itu dalam acara yang diikuti oleh para pejabat eselon II tingkat pusat dan kanwil ini, Bari berharap dapat digunakan untuk menggali potensi tujuh nilai tersebut untuk dapat diterapkan dalam kepemimpinan di organisasi yang dipimpin.Kegiatan akan dilaksanakan dari tanggal 17 hingga 20 Juni 2008 ini diikuti oleh 94 peserta, 21 orang Pejabat Unit Eselon II Pusat, 43 Pejabat Eselon II Kanwil yang terdiri dari 28 Kakanwil dan 15 Kepala Divisi.

Bertindak sebagai trainer Bp. Ridwan MY dari Tim Spiritual Motivation. (en)http://www.depkumham.go.id/xDepkumhamWeb/xBerita/xUmum/TUJUH+NILAI+DASAR+MENJADI+PEMIMPIN.htm

0 komentar:

Posting Komentar