SEFT UNTUK PECANDU DI LAPAS NARKOTIKA

31 Juli 2008

SEFT UNTUK PECANDU DI LAPAS NARKOTIKA

Pada tanggal 21 dan 22 Juli kemarin saya mendapat kesempatan untuk mengikuti sebuah Training In House di Hotel Harris Jakarta. Isi training ini memperkenalkan suatu teknik baru untuk mengatasi berbagai masalah fisik dan emosi yang bernama SEFT. SEFT singkatan dari Spiritual Emotional Freedom Technique. Penemu teknik ini adalah seorang psikolog bernama Ahmad Faiz Zainuddin alumni dari fakultas psikologi UNAIR Surabaya.

Sebelumnya saya sudah pernah membaca bukunya. Dan saya bersyukur sekali mendapat kesemapatan mengikuti trainingnya dan bertemu langsung dengan penciptanya (orang nya ganteng lhooo…). Saya akan coba menceritakan sedikit tentang SEFT meskipun tidak terlalu mendalam. SEFT merupakan teknik pengembangan diri ekletis yang menggabungkan 14 macam teknik terapi (termasuk kekuatan spiritual) untuk mengatasi berbagai macam masalah fisik, emosi, pikiran, sikap, motivasi, perilaku, dan peak performance secara cepat, mudah & universal.

14 macam teknik terapi yang masuk dalam teknik SEFT (Cognitive Therapy (NLP), Behavioral Therapy, Logotherapy, Psychoanalisa, EMDR, Self Hypnosis (Ericsonian) , Sugesty & Affirmation, Visualization, Gestalt Therapy, Meditation, Sedona Methode Provocative Therapy, Energy Therapy (EFT) , Powerful Prayer )

SEFT merupakan penggabungan antara spiritualitas (melalui doa, keikhlasan, dan kepasrahan) dan energy psychology. Teknik ini telah dibuktikan oleh berbagai macam riset ilmiah. SEFT® dikembangkan dari Emotional Freedom Technique (EFT™), oleh Gary Craig (USA), yang saat ini sangat populer di Amerika, Eropa, & Australia sebagai solusi tercepat & temudah untuk mengatasi berbagai masalah fisik, dan emosi, serta untuk meningkatkan performa kerja.

Saat ini EFT telah digunakan oleh lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Dasar pemikiran dari teknik ini adalah bahwa di dalam tubuh manusia tersimpan system energi yang sangat kuat dan tidak disadari oleh kita. Aliran energi ini sering terhambat atau menjadi kacau ketika terpicu oleh kenangan masa lalu atau trauma yang tersimpan dalam alam bawah sadar. Reaksi yang muncul bias dari level ringan seperti bad mood, malas, sampai pada level yang berat seperti depresi akut, phobia, stress berkepanjangan, dan kecemasan yang berlebih.

Bahkan tidak jarang sampai menimbulkan keluhan fisik (Psikosomatis) seperti sakit migraine, nyeri lambung, gatal-gatal dan sebagainya. Dengan menggunakan teknik taping yaitu mengetuk ringan dengan dua ujung jari pada beberap titik kunci di tubuh kita yang akan membantu melancarkan aliran energi tubuh yang tersumbat.

Selain melakukan taping, hal lain yang menjadi kunci efektifitas dari teknik SEFT ini adalah pengucapan kata-kata doa (SET UP) yang bersifat Khusyu Ikhlas dan Pasrah kepada Tuhan YME.
Misalnya ketika kita mengalami rasa marah dan sakit hati kepada seseorang maka contoh kalimat set up nya :

’Ya Allah/Tuhan Meskipun saya merasa marah dan sakit hati dengan si A karena telah dilecehkan, Saya IKHLAS menerima keadaan ini, dan Saya PASRAHkan pada mu ketenangan hati ku dan jalan keluar yang terbaik atas masalah ini”.

Teknik SEFT sudah terbukti berhasil mengatasi masalah emosi dan fisik dengan waktu relative singkat 10-30 menit saja. Hal ini saya melihat sendiri saat training kemarin Pak Faiz mampu menghilangkan phobia salah satu peserta training yang takut dengan bulu ayam.

Bahkan ketika saya di rumah saya mencoba mempraktekan pada kedua orang tua saya yang sedang sakit. Dan Alhamdulillah setelah saya lakukan SEFT rasa sakitnya berkurang dalam waktu 15 menit saja.

Meski SEFT belum pernah dicoba untuk pecandu Narkoba, namun dengan keberhasilan SEFT menangani pecandu Rokok, saya optimis teknik ini akan membantu para pecandu untuk lepas dari ketergantungannya terhadap narkoba. Dan kabar yang paling menggembirakan adalah bahwa dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 63, SEFT Centre akan melakukan Bakti Sosial di Lapas Narkotika Jakarta yang Insya Alllah akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2008.

Bentuk kegiatannya berupa memberikan pelayanan terapi SEFT secara massal dan GRATIS lhooo. Program ini yang akan dilakukan oleh para alumni SEFT yang pernah mengikuti training metode SEFT sebelumnya, termasuk saya lhooo. Mudah-mudahan teknik SEFT ini sebagai pencerah bagi saudara-saudara kita yang sulit pulih dari ketergantungan Narkoba.

Jika anda tertarik untuk mempelajari teknik SEFT ini sudah tersedia buku panduannya di toko-toko buku seperti Gramedia dan Gunung Agung. Selain itu anda bisa kunjungi website nya di www.Logos-istitue.com. Semoga bermanfaat. (Gyth)


0 komentar:

Posting Komentar