BINCANG USAHA, Presentasi Program Pelatihan dan Pemberdayaan Narapidana bidang jasa konstruksi Lapas Narkotika Jakarta dengan Dunia Usaha Industri Jasa Konstruksi

06 November 2009


Dengan Semangat Hari Pahlawan, maka pada tanggal 5 Nopember 2009, Lapas Narkotika Jakarta mengadakan Bincang Usaha dengan Dunia Usaha Industri Jasa Konstruksi, sebagai wujud dari aplikasi Sistim Pemasyarakatan, yaitu Menyelaraskan secara harmonis hubungan 3 Pilar Pemasyarakatan ( PETUGAS, NARAPIDANA dan MASYARAKAT ),
Pengusaha yang datang sbb :
1. PT. Pembangunan Perumahan ( Persero ) sbg representatif BUMN
2. PT. Widya Satria Kontraktor
3. PT. Surya Mutiara Perkasa - Developer dan Real Estate
4. Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi Jatim

dan beberapa pengusaha lainnya, acara dibuka dengan presentasi Kalapas Narkotika Jakarta Bapak Ibnu Chuldun, yang menjelaskan bahwa saat ini sedang berlangsung Pelatihan Operator Tower Crane, Pelatihan Tukang Kayu dan Batu yang dilaksanakan bersama-sama dengan BPK-SDM Departemen PU, Pelatihan ini diharapkan akan memberikan ketrampilan kompetensi bagi WBP, sehingga setelah keluar nanti mereka mendapatkan bekal ketrampilan yang dapat bersaing dengan tenaga kerja konstruksi yang berada diluar.

Dan bagi WBP yang sedang menjalankan Program Asimilasi, Pemberdayaan WBP akan memberikan income berupa insentif/upah yang disimpan sebagai Tabungan Mandiri dan akan diberikan apabila WBP yang bersangkutan bebas, dimana 50% akan merupakan PNBP ( Pendapatan Negara Bukan Pajak ) yang langsung disetorkan ke Pemerintah.

Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan tanggapan para pengusaha bidang Industri Jasa Konstruksi, dimana secara mengejutkan ternyata presentasi program tersebut mendapatkan tanggapan yang sangat positip dari para pengusaha, mereka mengharapkan program tersebut dapat berlaku diseluruh lapas di Indonesia, sehingga mereka akan lebih mudah melakukan rekruitmen tenaga kerja trampil bersertifikat, karena proses seleksi dan assesment dapat dilakukan oleh LAPAS berdasarkan permintaan dari para pengusaha.

Pada Hari itu juga PT. SURYA MUTIARA PERKASA dan PT. WIDYA SATRIA menawarkan program kerjasama sosial kemitraan untuk pemberdayaan narapidana, dan acara kemudian dilanjutkan peninjauan pelatihan pertukangan, sarana Balai Latihan Kerja dan Rencana Pembangunan Show Room KAYNA ( Pusat Promosi Hasil Karya Narapidana ), khusus untuk rencana pembangunan Pusat Promosi ini mendapatkan tanggapan positif dari PT. Pembangunan Perumahan ( PT.PP ), PT. PP bersedia membiayai pembangunan show room tersebut dengan menggunakan dana CSR nya ( Corporate Sosial Responsibility ).

Direktur Utama PT.PP bapak Musyanif mengatakan, Kami mendukung program promosi ini, agar masyarakat diluar menjadi tahu terhadap proses pembinaan yang dilakukan oleh Lapas Narkotika Jakarta, dan dengan adanya PUsat Pomosi maka masyarakat luar dapat secara langsung mengetahui hasil produksi dan kreatifitas narapidana.

Alhamdullilah respon positif para pengusaha terhadap pemberdayaan narapidana pada khususnya di bidang jasa konstruksi mendapat tanggapan yang responsif, semoga Lapas narkotika Jakarta dan demikian juga lapas-lapas lain di Indonesia dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan mulai berani memamerkan atau mempresentasikan program-2 pembinaan kepada masyarakat luar pada umumnya dan pada dunia usaha terkait pada khususnya.

JAYA LAPAS NARKOTIKA dan TETAP SEMANGAT




0 komentar:

Posting Komentar